RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri 37 Sungai Bangek
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV
(Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 1-3
Alokasi waktu : 8 x 35
menit
A.
Standar
Kompetensi :
3. Menggunakan pengukuran sudut,
panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
3.2 Menentukan
hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
C.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§ Mempelajari contoh hubungan hari, minggu, bulan, tahun, windu dan abad
§
Membaca, menulis dan menggambar jam
§ Mempelajari satuan panjang tidak baku dan baku
§ Mempelajari contoh perhitungan pada satuan ukuran panajang Hlm. 126
§
Mempelajari satuan berat
§
Mempelajari satuan ukuran kuantitas
1 lusin = 12 buah
1 gros = 12 lusin
1 kodi = 20 lembar
1 rim 500 lembar
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
IV.
Materi Ajar
hubungan antar satuan waktu,
antar satuan panjang, dan antar satuan berat
E.
Metode
Pembelajaran
Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
ke 1-3
§
Kegiatan awal
- Apresepsi/ Motivasi
- Memberikan games menarik untuk membangkitkan
semangat belajar siswa.
§
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar
satuan berat
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
percobaan dengan menggunakan media meteran, jam dinding, dan kiloan,
pengamatan, analisis dan diskusi untuk dapat menentukan kesetaraan antar satuan
panjang, waktu, dan berat
F
Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Menyimpulkan
materi
F
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
F
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
§ Alat ukur (meteran, kiloan dan jam dinding)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri 37 Sungai Bangek
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV
(Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 1-2
Alokasi waktu : 5 x 35
menit
A. Standar
Kompetensi :
3. Menggunakan pengukuran
sudut, panjang, dan berat dalam
pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
3.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
C.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§ Menggunakan kesetaraan satuan dalam perhitungan
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi
Ajar
Satuan waktu, panjang dan berat
E.
Metode
Pembelajaran
Diskusi, dan latihan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
ke 1-2
§
Kegiatan awal
- Apresepsi/ Motivasi
- Memberikan games menarik untuk membangkitkan
semangat belajar siswa.
§
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan
berat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Menyimpulkan
materi
F
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
F
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
Dikutip dari MAhasiswa PPG UNP,,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar