Kamis, 15 Desember 2011

rpp Pengukuran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SD Negeri 37 Sungai Bangek
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke                    :   1-3
Alokasi waktu                    :   8 x 35 menit        

A.    Standar  Kompetensi      :          
      3.  Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
3.2 Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat

C.    Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§  Mempelajari contoh hubungan hari, minggu, bulan, tahun, windu dan abad
§  Membaca, menulis dan menggambar jam
§  Mempelajari satuan panjang tidak baku dan baku
§  Mempelajari contoh perhitungan pada satuan ukuran panajang Hlm. 126
§  Mempelajari satuan berat
§  Mempelajari satuan ukuran kuantitas
1 lusin = 12 buah
1 gros = 12 lusin
1 kodi = 20 lembar
1 rim 500 lembar

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
D.    IV. Materi Ajar
hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat

E.     Metode Pembelajaran
Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
  Pertemuan ke 1-3
§   Kegiatan awal
-        Apresepsi/ Motivasi
-        Memberikan games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan dengan menggunakan media meteran, jam dinding, dan kiloan, pengamatan, analisis dan diskusi untuk dapat menentukan kesetaraan antar satuan panjang, waktu, dan berat
F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
§  Alat ukur (meteran, kiloan dan jam dinding)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SD Negeri 37 Sungai Bangek
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke                    :   1-2
Alokasi waktu                    :   5 x 35 menit        

A.    Standar  Kompetensi      :          
3. Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan  berat dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat

C.    Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§  Menggunakan kesetaraan satuan dalam perhitungan

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar
Satuan waktu, panjang dan berat

E.     Metode Pembelajaran
Diskusi, dan latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
  Pertemuan ke 1-2
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-        Memberikan games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .

         Dikutip dari MAhasiswa PPG UNP,,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar