Minggu, 11 Desember 2011

RPP Tematik Perdana Q


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
 ( RPP )
Satuan Pendidikan      :           Sekolah Dasar
                                            Kelas / Semester         :           I / 1          
                                          Mata Pelajaran            :            IPS
                                          Tema                           :           Kasih Sayang
                                          Alokasi Waktu            :           5 x 35 Menit

A.    Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
Berbicara
2.  Mengungkapkan pikiran , perasaan , dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa , pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh , dan deklamasi
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.      Memahami identitas diri dan keluarga , serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
Matematika
Geometri dan Pengukuran
2.      Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
B.     Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
Berbicara
2.2   Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.3 Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga
Matematika
2.2 Menentukan lama suatu kejadian berlangsung
C.  Indikator
Bahasa Indonesia
Berbicara
2.2.1        Menyebutkan kalimat sapaan dengan bahasa sendiri ( afektif )
2.2.2        Menyebutkan kalimat sapaan yang tepat dengan bahasa yang santun ( kognitif )
2.2.3        Memperagakan menyapa teman sebaya dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun ( psikomotor )
2.2.4        Memperagakan menyapa guru dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun ( psikomotor )
2.2.5        Memperagakan menyapa orang yang lebih tua dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun ( psikomotor )
2.2.6        Memperagakan menyapa anggota keluarga dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun ( psikomotor )
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.3.1    Menyebutkan kasih sayang orang tua kepada anaknya ( kognitif )
1.3.2    Menunjukkan kasih sayang orang tua kepada anaknya ( afektif )
1.3.3    Menyebutkan kasih sayang anak kepada orang tuanya ( kognitif )
1.3.4    Menunjukkan kasih sayang anak kepada orang tuanya ( afektif )
1.3.5    Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga ( psikomotor )
Matematika
2.2.1     Mengenal kejadian sebentar ( afektif )
2.2.2     Mengenal kejadian lama ( afektif )
2.2.3     Membedakan kejadian sebentar dengan kejadian lama ( kognitif )
2.2.4     Menentukan lama suatu kejadian berlangsung ( psikomotor )
D. Tujuan Pembelajaran
Bahasa Indonesia
2.2.1.2  Dengan tanya jawab , siswa dapat menyebutkan kalimat sapaan dengan bahasa sendiri
2.2.1.2 Dengan menyusun puzzle , siswa dapat menyebutkan kalimat sapaan yang tepat dengan bahasa yang santun
2.2.1.3  Dengan instruksi guru , siswa dapat memperagakan menyapa teman sebaya dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
2.2.1.4  Dengan instruksi guru , siswa dapat memperagakan menyapa guru dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
2.2.1.5  Dengan instruksi guru , siswa dapat memperagakan menyapa orang yang lebih tua dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
2.2.1.6  Dengan instruksi guru , siswa dapat memperagakan menyapa anggota keluarga dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.3.1.1 Dengan tanya jawab , siswa dapat menyebutkan kasih sayang orang tua kepada anaknya
1.3.1.2 Dengan tanya jawab , siswa dapat menyebutkan kasih sayang anak kepada orang tuanya
1.3.1.3 Dengan pengamatan gambar , siswa dapat menunjukkan kasih sayang orang tua kepada anaknya
1.3.1.4 Dengan pengamatan gambar , siswa dapat menunjukkan kasih sayang anak kepada orang tuanya
1.3.1.5 Dengan menyusun puzzle , siswa dapat menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga
Matematika
2.2.1.1 Dengan tanya jawab , siswa dapat mengenal kejadian sebentar
2.2.1.2 Dengan tanya jawab , siswa dapat mengenal kejadian lama
2.2.1.3 Dengan pengamatan gambar , siswa dapat membedakan kejadian sebentar dengan kejadian lama
2.2.1.4 Dengan diskusi kelompok , siswa dapat menentukan lama suatu kejadian berlangsung
E. Model Pembelajaran
  Model pembelajaran Langsung dan Picture
  Pembelajaran Langsung :
1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
2. Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan
3. Membimbing pelatihan
4. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
5. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk latihan lanjut
F.  Materi Pokok
Bahasa Indonesia                                      :     Kalimat Sapaan
Ilmu Pengetahuan Sosial                           :     Kasih Sayang
Matematika                                                 :    Pengukuran Waktu dan Panjang
G.  Media dan Sumber
1. Media
a. Puzzle
b. Gambar
c. Teks Lagu
2. Sumber
a. KTSP Bahasa Indonesia Kelas I Semester 1
b. KTSP Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas I Semester 1
c. KTSP Matematika Kelas I Semester 1
d. Buku Bahasa Indonesia Erlangga Kelas I Semester 1
e. Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Erlangga Kelas I Semester 1
f. Buku Matematika Erlangga Kelas I Semester 1
e. LKS ( Terlampir )
H.  Kegiatan Pembelajaran
      A. Kegiatan Awal
                 1. Mengkondisikan kelas
      2. Berdoa
      3. Absensi
      4. Apersepsi
      5. Menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
                 1. Membangkitkan skemata siswa dengan menyanyikan lagu “ Selamat Pagi “ ( eksplorasi )
                 2. Tanya jawab tentang lagu “ Selamat Pagi “ ( konfirmasi )
3. Dengan tanya jawab siswa dapat menyebutkan kalimat sapaan dengan bahasa sendiri ( konfirmasi )
4.  Guru membagikan puzzle “ Hormati Guru , Sayangi Teman “ kepada siswa ( elaborasi )
5. Guru meminta siswa menyusun puzzle secara berpasangan dengan teman   sebangkunya dengan tekun , hati – hati , dan penuh rasa tanggung jawab ( elaborasi )
6.  Siswa melakukan tanya jawab tentang puzzle yang telah tersusun dengan baik ( konfirmasi )
7. Dengan menyusun puzzle , siswa dapat menyebutkan kalimat sapaan yang     tepat dengan bahasa yang santun ( elaborasi )
8. Guru meminta siswa memperagakan menyapa teman sebaya secara berpasangan dengan teman sebangkunya ( elaborasi )
9. Dengan instruksi guru , siswa dapat memperagakan menyapa teman sebaya dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun ( elaborasi )
10. Guru meminta siswa memperagakan menyapa guru dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun ( elaborasi )
11. Dengan instruksi guru , siswa dapat memperagakan menyapa guru secara bergantian di depan kelas dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun ( elaborasi )
12. Guru meminta siswa memperagakan menyapa orang yang lebih tua secara berpasangan dengan teman sebangkunya dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun ( elaborasi )
13. Dengan instruksi guru , siswa dapat memperagakan menyapa orang yang lebih tua dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun ( elaborasi )
14. Guru meminta siswa memperagakan menyapa anggota keluarga secara berpasangan dengan teman sebangkunya dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun ( elaborasi )
15. Dengan instruksi guru , siswa dapat memperagakan menyapa anggota keluarga dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun ( elaborasi )
16. Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “ Semua Sayang “ dengan penuh rasa percaya diri dan senang hati ( eksplorasi )
17.  Melakukan tanya jawab tentang lagu “ Semua Sayang “ ( konfirmasi )
18. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kasih sayang berdasarkan lagu yang dinyanyikan ( eksplorasi )
19. Dengan tanya jawab , siswa dapat menyebutkan kasih sayang orang tua kepada anaknya ( konfirmasi )
20. Dengan tanya jawab , siswa dapat menyebutkan kasih sayang anak kepada orang tuanya ( konfirmasi )
21.  Guru meminta siswa mengamati gambar tentang kasih sayang keluarga
( elaborasi )
22. Dengan mengamati gambar , siswa dapat menunjukkan kasih sayang orang tua kepada anaknya ( elaborasi )
23. Dengan mengamati gambar , siswa dapat menunjukkan kasih sayang anak kepada orang tuanya ( elaborasi )
24.  Guru membagikan puzzle gambar kasih sayang keluarga ( elaborasi )
25. Guru meminta siswa menyusun puzzle tentang kasih sayang anggota keluarga secara berpasangan dengan teman sebangkunya ( elaborasi )
26. Siswa dapat menceritakan tentang kasih sayang anggota keluarga berdasarkan puzzle yang telah disusun dengan baik ( konfirmasi )
27. Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “ Bangun Tidur “ ( eksplorasi )
28. Melakukan tanya jawab tentang lagu “ Bangun Tidur “ ( konfirmasi )
29. Dengan tanya jawab , siswa dapat mengenal kejadian sebentar ( konfirmasi )
30. Dengan tanya jawab , siswa dapat mengenal kejadian lama ( konfirmasi )
31. Guru membagikan beberapa gambar tentang kejadian ( elaborasi )
   32. Guru meminta siswa memasangkan gambar sesuai lama suatu kejadian berlangsung ( elaborasi )
33. Siswa dapat menentukan lama suatu kejadian berlangsung berdasarkan gambar ( konfirmasi )
C. Kegiatan Penutup
                  1. Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan ( konfirmasi )
2. Menyampaikan pesan moral dari pembelajaran yang telah dilakukan ( konfirmasi )
3. Memberikan pujian sebagai motivasi bagi siswa yang telah aktif dalam kegiatan belajar ( eksplorasi )
4. Tindak Lanjut ( memberikan PR ) ( konfirmasi )
I. Metode
Ceramah , Tanya jawab , Diskusi Kelompok , dan penugasan
 J. Teknik Penilaian
               1. Teknik Penilaian
                    a. Tertulis
                    b. Lisan
                    c. Perbuatan
               2. Bentuk Penilaian
                    a. Essay


Mengetahui                                                                                         Padang,08 Desember 2011
Dosen Pembimbing                                                                             Simulator


Dra.Farida F.                                                                                      Ket.
                                                                                                            Esischa Wahyuli


Tidak ada komentar:

Posting Komentar