Minggu, 11 Desember 2011

RPP IPS Kelas IV SD


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
 ( RPP )
Satuan Pendidikan      :           Sekolah Dasar
                                            Kelas / Semester         :           IV / 2
                                          Mata Pelajaran            :            IPS
                                          Alokasi Waktu            :           2 x 35 Menit

A.    Standar Kompetensi
2. Mengenal  SDA, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kehidupan Kabupaten / Kota
B. Kompetensi Dasar
2.2 Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
C.  Indikator
      2.2.1    Menjelaskan pengertian koperasi ( kognitif )
2.2.2  Mengidentifikasi jenis – jenis koperasi berdasarkan jenis usaha dengan benar  ( kognitif )
2.2.3    Mengidentifikasi jenis – jenis koperasi berdasarkan keanggotaannya ( kognitif )
2.2.4    Mengidentifikasi jenis – jenis koperasi berdasarkan tingkatannya ( kognitif )
2.2.5    Menceritakan kegiatan salah satu koperasi di daerahnya ( afektif )
2.2.6 Mendemonstrasikan pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat ( psikomotor )
D. Tujuan Pembelajaran
2.2.1.1 Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian koperasi
2.2.1.2 Dengan diskusi kelompok, siswa dapat mengidentifikasikan jenis – jenis koperasi berdasarkan jenis usaha dengan benar
2.2.1.3 Dengan diskusi kelompok, siswa dapat mengidentifikasikan jenis – jenis koperasi berdasarkan keanggotaannya
2.2.1.4 Dengan diskusi kelompok, siswa dapat mengidentifikasikan jenis – jenis koperasi berdasarkan keanggotaannya
2.2.1.5 Dengan tanya jawab tentang kegiatan koperasi, siswa dapat menceritakan kegiatan salah satu koperasi didaerahnya dengan benar
2.2.1.6 Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasikan pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
E. Model Pembelajaran
Model pembelajaran Konstruktivisme
Fase – fase model pembelajaran konstruktivisme
1.   Pengaktifan pengetahuan yang sudah ada
2.   Pemerolehan pengetahuan baru
3.   Pemahaman pengetahuan
4.   Menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh
5.   Melakukan refleksi
F. Materi Pokok
            1. Pengertian Koperasi
            2. Jenis – jenis Koperasi
            3. Manfaat Koperasi
G. Media dan Sumber
1. Media
a. Gambar lambang koperasi
b. Gambar beberapa contoh koperasi
c. Chart tentang jenis – jenis koperasi
2. Sumber
a. KTSP IPS Kelas IV Semester 2
b. BSE IPS Kelas IV Semester 2
c. BNSP Kelas IV Semester 2
d. Buku IPS Terpadu Erlangga Kelas IV Semester 2
e. LKS ( Terlampir )
H. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal ( 15 menit )
a. Mengkondisikan Kelas
b. Berdoa
c. Absensi
d. Apersepsi
e. Menyampaikan tujuan pembelajaran
f. Membangkitkan skemata siswa dengan menyanyikan lagu “ Garuda Pancasila“
2. Kegiatan Inti
a. Bertanya jawab tentang makna dari lambang koperasi ( Eksplorasi )
b.  Siswa dapat menjelaskan pengertian koperasi berdasarkan tanya jawab dari lambang koperasi ( Eksplorasi )
c. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok diskusi ( elaborasi )
d. Siswa menerima LKS yang diberikan guru tentang jenis – jenis koperasi ( elaborasi )
e. Siswa mengisi LKS dengan mempedomani lampiran materi yang terdapat pada LKS ( elaborasi )
f. Perwakilan masing – masing kelompok membacakan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas  dan kelompok lain menanggapi ( elaborasi )
g. Dengan diskusi kelompok siswa dapat mengidentifikasikan jenis – jenis koperasi berdasarkan jenis usaha dengan benar ( konfirmasi )
h. Dengan diskusi kelompok siswa dapat mengidentifikasikan jenis – jenis koperasi berdasarkan keanggotaannya ( konfirmasi )
i. Dengan diskusi kelompok siswa dapat mengidentifikasikan jenis –  jenis koperasi berdasarkan keanggotaannya ( konfirmasi )
j. Siswa mengamati Chart tentang jenis – jenis koperasi yang dipajang oleh guru di papan tulis ( konfirmasi )
g. Siswa mendengarkan ulasan guru tentang jenis – jenis koperasi ( konfirmasi )
h. Siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan oleh koperasi sekolah ( konfirmasi )
i. Siswa menceritakan salah satu kegiatan koperasi yang terdapat di tempat tinggalnya ( elaborasi )
j. Dengan tanya jawab siswa dapat menceritakan tentang kegiatan koperasi yang terdapat di tempat tinggalnya ( konfirmasi )
k. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok diskusi ( elaborasi )
l.  Siswa menerima LKS yang diberikan guru tentang pentingnya koperasi ( elaborasi )
m. Siswa mengisi LKS dengan mempedomani lampiran materi yang terdapat pada LKS ( eksplorasi )
n. Perwakilan masing – masing kelompok membacakan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas  dan kelompok lain menanggapi ( elaborasi )
o. Dengan diskusi kelompok siswa dapat mengidentifikasikan pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat ( konfirmasi )
3. Kegiatan Akhir
a. Guru meminta siswa menjelaskan pengertian koperasi beserta jenis – jenis koperasi kembali dengan berani, tanggung jawab, dan percaya diri ( konfirmasi )
b. Siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran dan mencatatnya dalam buku catatan dengan teliti, tekun, dan hati – hati ( konfirmasi )
c. Tindak lanjut ( memberikan PR ) ( konfirmasi )
I. Metode
Ceramah , Tanya jawab , Diskusi Kelompok , dan penugasan
 J. Teknik Penilaian
               1. Teknik Penilaian
                    a. Tertulis
                    b. Lisan
                    c. Perbuatan
               2. Bentuk Penilaian
                    a. Essay


Mengetahui                                                                                         Padang,08 Desember 2011
Dosen Pembimbing                                                                             Simulator


Dra.Farida F.                                                                                      Ket.
                                                                                                            Esischa Wahyuli


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar