Senin, 24 Oktober 2011

RPP MAtematika kelas IV sd tentang mengurutkan bilangan bulat


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Nama Sekolah                   : ………………….
Mata Pelajaran                 : Matematika
Kelas / Semester              : IV / 2
Alokasi Waktu                   : 2 X35 menit ( 1 X pertemuan )

A.      Standar Kompetensi       : Menjumlahkan dan Mengurangkan Bilangan Bulat
B.      Kompetensi Dasar           : Mengurutkan Bilangan Bulat
C.      Indikator                              :
1.       Mengurutkan bilangan bulat positif dari yang terkecil ke yang terbesar
2.       Mengurutkan bilangan bulat positif dari yang terbesar ke yang terkecil
3.       Menentukan Letak urutan bilangan bulat positif pada garis bilangan
4.       Mengurutkan bilangan bulat negativ dari yang terkecil ke yang terbesar
5.       Mengurutkan bilangan bulat negativ dari yang terbesar ke yang terkecil
6.       Menentukan letak urutan bilangan bulat negativ pada garis bilangan
D.      Tujuan Pembelajaran     :
1.       Siswa dapat mengurutkan bilangan bulat positif dari yang terkecil ke yang terbesar
2.       Siswa dapat mengurutkan bilangan bulat positif dari yang terbesar ke yang terkecil
3.       Siswa dapat Menentukan Letak urutan bilangan bulat positif pada garis bilangan
4.       Siswa dapat Mengurutkan bilangan bulat negativ dari yang terkecil ke yang terbesar
5.       Siswa dapat Mengurutkan bilangan bulat negativ dari yang terbesar ke yang terkecil
6.       Siswa dapat Menentukan letak urutan bilangan bulat negativ pada garis bilangan
E.       Materi Pembelajaran
Mengurutkan Bilangan Bulat
Mengurutkan Bilangan Bulat ada 2 macam,yaitu ;
-          Dari yang terkecil ke yang terbesar
-          Dari yang terbesar ke yang terkecil
F.       Metode Pembelajaran
·         Model                   : Teori Konstruktivisme
·         Metode                               : Deduktif – deskriptif ( meringkas uraian materi )
  Ekspositori ( menerangkan )
  Tanya Jawab
  Latihan
G.     Metode dan Sumber Belajar
Media   : Kartu Lambang Bilangan
Sumber : KTSP MATEMATIKA KELAS IV SD Semester 2
                   Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas IV,Jakarta : Erlangga.
                   Ayo Belajar Matematika untuk SD dan MI Kelas IV : BSE
H.      Kegiatan Pembelajaran
1.       Kegiatan Awal
a.       Mengkondisikan Kelas
b.      Berdo’a
c.       Mencek kehadiran siswa
d.      Apresiasi
2.       Kegiatan Inti
1.       Eksplorasi
Dalam kegiatan Eksplorasi,guru menyampaikan tujuan awal pembelajaran
2.       Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         guru membagi kertas  folio,siswa memotong kecil-kecil dan menuliskan lambang bilangan bulat positif,negative,dan 0
·         Kartu diletakkan diatas meja secara terbalik kemudian siswa secara bergantian mengambil satu bilangan bulat positif,negative,dan 0
·         Secara individu,siswa mengurutkan bilangan bulat positif dari yang terkecil ke yang terbesar
·         Secara individu,siswa mengurutkan bilangan bulat positif dari yang terbesar ke yang terkecil
·         Secara individu,siswa mengurutkan bilangan bulat negative dari yang terkecil ke yang terbesar
·         Secara individu,siswa dapat mengurutkan bilangan bulat negative dari yang terbesar ke yang terkecil
·         Guru menggunakan tali untuk menentukan letak urutan bilangan bulat positif dan negative pada garis bilangan
·         Guru menggambar garis bilangan dipapan tulis
·         Secara individu,siswa dapat menentukan letak urutan bilangan bulat positif dan negative pada garis bilangan dengan menggunakan tali
3.       Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
·         Guru bertanya jawab dengan siswa tentang mengurutkan bilangan bulat positif dan negative
·         Guru bertanya jawab dengan siswa tentang menentukan letak urutan bilangan bulat posistif dan negative pada garis bilangan
·         Guru memberikan penegasan kepada siswa tentang mengurutkan bilangan bulat positif dan negative
·         Guru memberikan penegasan kepada siswa tentang menentukan letak urutan bilangan bulat positif dan negative pada garis bilangan
3.Kegiatan Penutup
                Dalam kegiatan penutup,Guru :
·         Memberikan latihan soal
·         Memberikan PR
·         Menutup pelajaran

I.        Evaluasi
1.       Tentukanlah urutan bilangan bulat positif berikut dari yang terkecil ke yang terbesar!
a.5,2,9,6,3,1
b.7,2,9,8,4,5
c. 6,9,4,3,7,8
                                2.   Tentukanlah urutan bilangan bulat positif berikut dari yang terbesar ke yang terkecil!
                                      a. 15,10,12,14,13
                                      b. 17,12,19,18,14
                                      c. 16,19,14,13,17
                                3.   Tentukanlah letak urutan bilangan bulat positif berikut pada garis bilangan !
                                       a. 5,2,9,6,3,1
                                       b. 7,2,9,8,4,5
                                       c. 6,9,4,3,7,8
                                4.  Tentukanlah urutan bilangan bulat negative berikut dari yang terkecil ke yang
                                     terbesar !                           
a.       -5,-2,-9,-6,-3,-1
b.      -7,-2,-9,-8,-4,-5
c.       -6,-9,-4,-3,-7,-8
                              5.Tentukanlah urutan bilangan bulat negative berikut dari yang terkecil ke yang
                                     terbesar !             
                                      a. -15,-10,-12,-14,-13
                                      b. -17,-12,-19,-18,-14
                                      c. -16,-19,-14,-13,-17
                              6.  Tentukanlah letak urutan bilangan bulat negative berikut pada garis bilangan !
                                       a.- 5,-2,-9,-6,-3,-1
                                       b. -7,-2,-9,-8,-4,-5
                                       c. -6,-9,-4,-3,-7,-8

    
                                 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar